Adds

Rabu, 02 Mei 2012

Rumah Instan Sehat (RISHA)

 
Model Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) merupakan suatu inovasi teknologi yang telah dikembangkan dan dipatenkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Permukiman Departemen Pekerjaan Umum dalam mendukung operasionalisasi Kepmen KIMPRASWIL No. 403 / 2002 tentang Rumah Sederhana Sehat sekaligus menunjang akselerasi Gerakan Nasional Pengembangan Sejuta Rumah (GNPSR).
Dalam Launching Teknologi RSH Sistem RISHA untuk menunjang akselerasi Gerakan Nasional Pengembangan Sejuta Rumah (GNPSR), yang diselenggarakan di Puslitbang Pemukiman Bandung 20 Desember tahun lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Menteri Negara Perumahan Rakyat memandang Teknologi RSH sistem RISHA tersebut sebagai teknologi yang ramah lingkungan dan tepat guna. Saat ini RISHA telah diaplikasikan untuk pemulihan kondisi perumahan di daerah bencana, seperti Nabire, Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara sebanyak lebih dari 11.000 unit.

Penerapan Teknologi RISHA-PUSKIM tidak hanya diaplikasikan di daerah bencana, tetapi juga dilakukan di daerah lainnya, salah satunya di Provinsi Bali. Untuk mengembangkan di daerah itu, Loka Teknologi Permukiman Denpasar di bawah naungan Puslitbang Pemukiman Dep. PU, merencanakan beberapa kegiatan antara lain memperkenalkan Teknologi RSH sistem RISHA kepada berbagai pihak terkait, baik aparatur pemerintah daerah, asosiasi profesi, swasta, kalangan perguruan tinggi dan masyarakat luas di wilayah kerja Loka Teknologi Permukiman Denpasar. Untuk itu akan dibangun satu unit RSH sistem RISHA-Puskim T-36 bernuansa Tradisional Bali yang akan menjadi rumah contoh/model. Pembangunan rumah contoh/model ini direncanakan akan dibangun di kantor Jl. Danau Tamblingan No. 49 Kompleks PU Werdhapura Sanur. Rumah contoh tersebut akan dilengkapi beberapa teknologi penunjang, seperti km/wc prefab, komposter rumah tangga, pengolah air limbah sistem biofilter dan saringan air rumah tangga (sarut).

Selain itu, untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Teknologi Rumah Sederhana Sehat (RSH) sistem RISHA-PUSKIM guna mempercepat akselerasi GNPSR maka diadakan SAYEMBARA DESAIN KREATIF RISHA-PUSKIM bernuansa TRADISIONAL BALI, yang akan diselenggarakan pada bulan Mei-Juni 2005. Sayembara ini bertujuan untuk menggali karya-karya desain kreatif RSH sistem RISHA-PUSKIM sebagai bagian dari upaya pengkajian dan pengembangan RSH sistem RISHA-PUSKIM berkarakter Bali dan memberikan kesempatan kepada publik pada umumnya dan para arsitek pada khususnya untuk mengembangan karya-karya desain kreatif Model RISHA-PUSKIM berkarakter lokal.


Sayembara ini terbagi atas 3 (tiga) kategori, yaitu Desain RSH sistem RISHA-PUSKIM Bernuansa Bali (maksimal T-36 harga Rp. 30.000.000,00); Desain Rumah Sedeng-Mewah sistem RISHA-PUSKIM (lebih dari T-36 maksimal 2 lantai); dan Desain Bangunan Umum dan Sosial sistem RISHA-PUSKIM (sekolah, tempat ibadah, dll) dengan hadiah menarik.

Sumber : risha-puskim.blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar